Senin, 25 Mei 2009

Protokol Internet

Lapisan ini mengorganisasikan pengiriman data ke simpul yang dituju melalui network address dan disebut sebagai Internet Protocol (IP). Protokol
ini mensyaratkan bahwa setiap Host (simpul) mempunyai address tunggal (unique). Address ini adalah identitas Host yang disebut sebagai IPAddress.

Network Layer bertanggung jawab untuk menciptakan hubungan komunikasi (establishment), kelancaran selama komunikasi dan mengakhiri komunikasi (termination).

Internet Protocol mengirim paket data secara unreliable atau disebut sebagai connectionless. Unreliable artinya Internet Protocol tidak
memberikan jaminan atas keberhasilan pengiriman paket tersebut.

Protocol ini menyerahkan tanggung jawab tersebut kepada lapisan (layer)

diatasnya (tranport layer).

Disebut connectionless karena protokol ini tidak memerlukan inisialisasi hubungan, artinya IP mengirimkan paket tanpa Iebih dahulu memberi tahu partner yang dituju (analogi dengan mengirim surat lewat POS).
Nomor IP

Komunikasi antar simpul di jaringan TCP/IP memerlukan identitas diri berupa alamat simpul yang dikenal dengan nomor IP (IP-Address).
IP Address versi 4 (IPv4) terdiri atas 32 bit. Dari 32 bit ini dibagi menjadi 2
bagian. Bagian pertama adalah identitas jaringan disebut sebagai Network ID, sedangkan bagian kedua terdiri atas Host-ID.

IP Address versi 6 (IPv6) yang merupakan perkembangan dari IPv4

menggunakan 128 bit sebagai address. IPv6 tidak dibahas pada sesi ini.

32 bit nomor IP dibagi atas 4 bagian, dengan masing-masing 8 bit sehingga membentuk 4 angka desimal dari 0 hingga 255.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar